Senin, 19 Oktober 2020

Copywriting Untuk Konten Email Marketing

Email Blast Gratis - Bagi Anda yang bekerja sebagai digital marketing, pasti sudah tidak asing lagi dengna istilah copywriting. Copywriting adalah sebuah skill atau keahlian dalam menyusun kata-kata atau kalimat guna mempengaruhi dan juga menarik minat konsumen serta menaikan nilai konversi pejualan pada suatu bisnis. Baik bisnis yang baru dibangun ataupun yang sudah lama berjalan, Anda dapat memaksimalkan teknik copywriting guna menaikan jumlah konversi penjualan pada bisnis Anda.


Email Blast Gratis
Email Blast Gratis


Dalam meningkatkan teknik copywriting, Anda harus mengetahui apa saja yang membuat suatu tulisan dapat berhasil mempengaruhi para pembacanya untuk mengikuti apa yang copywriter tersebut inginkan. Dibawah ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui guna meningkatkan teknik copywriting Anda.


Email blast gratis
Headline


1. Tulis Headline Yang Mengundang Rasa Penasaran

Anda dapat membuat sebuah judul atau headline yang dapat memancing rasa penasaran bagi yang membacanya. Terdapat banyak sekali contoh-contoh maupun tips-tips dalam membuat judul headline yang dapat memancing rasa penasaran para pembacanya yang tersedia di internet untuk Anda jadikan sebagai bahan referensi dalam menulis judul/headline email blast marketing Anda.

Yang terpenting adalah, Anda jangan pernah sekali membuat judul headline yang tidak sesuai dengan topik yang akan Anda bahas. Jika Anda sampai melakukan hal tersebut, maka kemungkinan besar minat membaca dari para subscriber email Anda akan menurun bahkan berkurang karena judul headline dan isinya tidak relevan sama sekali.

 

Email blast gratis
Research

2. Riset Pasar

Sebelum membuat konten copywriting Anda sendiri. Terlebih dahulu Anda harus mengetahui siapa saja target atau audiens yang akan Anda tuju dan sasar. Hal ini diperlukan untuk menjaga gaya bahasa penulisan konten yang akan Anda kirim ke mereka.

Dengan cara melakukan riset tersebut dapat membuat Anda lebih mengenali konsumen Anda. Karena Anda dapat mengenali mereka secara bahasa, minat, dan juga kesukaan sehingga membuat hubungan Anda dan konsumen Anda menjadi lebih dekat.

 

email blast gratis
Tepat Sasaran

3. Tepat Sasaran

Copywriting yang Anda buat untuk tujuan iklan di media sosial tentunya akan berbeda jika Anda membuatnya untuk website. Begitu juga jika Anda ingin membuat iklan di media cetak seperti koran atau majalah, pastinya akan berbeda bukan teknik copywriting-nya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat memetakan audiens Anda berdasarkan kategori tertentu sehingga memudahkan Anda dalam menulis konten dengan teknik copywriting yang tepat. Selain itu, Anda juga harus terbuka dengan kritik dan saran yang masuk dari para audiens Anda. Kritik dan saran dari audiens ini sangat berguna untuk memperbaiki konten yang akan Anda buat di hari berikutnya.

 

Email blast gratis
Solusi

4. Berik Solusi Dari Maslah Yang Ada

Saya sendiri banyak menemui dan juga banyak menerima email penawaran yang menawarkan baik itu produk atau jasa tapi mereka semua hanya menyebutkan fitur-fitur dan kelebihannya saja. Jarang sekali ada yang mencantumkan solusi agar dapat dimengerti oleh si penerima email marketing. Contohnya seperti dibawah ini:

Smartphone Gamming 2020

Fitur: Batre 6400mAh, Dual Camera 64megapixel & 15Megapixel, Chipset snapdragon 850G

Solusi:

  • Batre dapat bertahan 5,5 Jam nonstop untuk Gamming, sangat cocok untuk Anda yang gemar bermain games mobile.
  • Kamera depan dan belakang yang memiliki resolusi yang tinggi juga sangat cocok bagi Anda yang suka fotografi.
  • SoC terbaru yang membuatnya semakin gahar dalam melakukan pekerjaan seperti bermain game dan bersosial media ria tanpa perlu menutup aplikasi.

Dari contoh tersebut pastinya Anda dapat membedakan mana fitur dan juga mana solusi. Dengan adanya solusi ini tentunya akan membuat penerima email memikirkan kembali apa yang akan didapatkan oleh mereka jika mereka membeli produk tersebut dari Anda.

 

Email blast gratis
original


5. Tidak Boleh Plagiat

Buatlah konten yang orisinil dan jangan sekali-kali Anda membuat konten yang plagiat. Dengan membuat konten yang bersifat orisinil, tentunya dapat membuat para audiens Anda lebih memahami gaya penulisan Anda. Anda boleh mencari-cari referensi dari konten konten yang sudah ada untuk mengembangkan lagi ide yang Anda miliki, tapi dengan catatan. Anda tidak boleh meniru apalagi melakukan plagiarism.

Kurang lebih itulah 5 tips untuk meningkatkan teknik copywriting yang dapat saya bagikan kepada Anda sekalian.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Email Marketing di Tengah Pandemi

Email Blast Gratis - Pada awal tahun 2020, kita semua dikejutkan dengan penemuan kasus virus COVID-19 yang sampai saat ini masih menjangkit...