Jumat, 23 Oktober 2020

Pentingnya Email Marketing di Tengah Pandemi

Email Blast Gratis - Pada awal tahun 2020, kita semua dikejutkan dengan penemuan kasus virus COVID-19 yang sampai saat ini masih menjangkit banyak orang diseluruh negara di dunia. Hal itu membuat perekonomian dibanyak negara menjadi runtuh. Tidak sedikit juga pebisnis yang memilih untuk menutup bisnisnya dikarenakan kurangnya pemasukan untuk operasional bisnisnya akibat dampak dari pandemi virus corona ini.

Hal yang bisa dilakukan oleh para pebisnis yang masih bertahan dalam kondisi seperti ini adalah beradaptasi dan mulai memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk mereka. Para pebisnis mulai mencoba menfaatkan tools digital marketing yang ada pada saat ini, salah satu tools marketing yang banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis ditengah masa pandemi ini adalah Email Blast marketing.

Tools email blast marketing ini memberikan banyak manfaat dan mulai menjadi prioritas utama bagi para pebisnis saat ini.

 

email blast gratis
Email blast

Alasan Tools Email Blast Marketing Menjadi Prioritas Utama

Email blast marketing adalah sebuah tools yang dapat membantu para pebisnis untuk memberikan update informasi terbaru mengenai bisnis mereka serta dapat digunakan untuk keperluan promosi juga. Meskipun saat ini kita semua masih dihadapkan dengan pandemi virus COVID-19, namun yang saat ini perlu Anda pastikan adalah bahwa bisnis Anda harus tetap berjalan. Anda dapat dengan mudah memberikan update informasi terbaru mengenai bisnis Anda kepada konsumen Anda dimanapun Anda berada dengan mudah dan cepat.

Email blast marketing ini merupakan salah satu strategi digital marketing berkelanjutan yang bersifat baik untuk bisnis. Strategi email blast marketing ini dapat dilakukan oleh tim marketing dengan sangat mudah. Dengan menggunakan tools email blast marketing ini, tim marketing Anda akan menjadi lebih produktif lagi dalam bekerja.

 

Hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Melakukan Email Blast Marketing

Mengirim email blast marketing bukan hanya sekedar mengirim email biasa saja. Melalui email blast marketing ini Anda dapat berbincang secara lebih personal dengan para konsumen bisnis Anda. Selama masa pandemi seperti saat sekarang ini, mungkin banyak para konsumen Anda sering kali dikirimkan email blast marketing. Dengan banyaknya email yang mereka terima, tidak jarang juga mereka langsung menghapus email tersebut tanpa membacanya terlebih dahulu.

Oleh karena itu, agar email blast marketing Anda dapat diperhatikan oleh konsumen Anda. Anda harus memperhatikan 3 hal penting dibawah ini.

  • Ketersediaan Bisnis: Jika Anda memiliki bisnis lokal dan membatasi jam operasional bisnis Anda, atau saat ini Anda tengah menutup toko fisik Anda dan beralih ke toko online. Maka langsung segera berikan update informasi ini kepada para konsumen Anda. Agar mereka semua dapat mengetahui ketersediaan bisnsi Anda ditengah situasi pandemi seperti saat sekarang ini.
  • Cara Anda merespons: Kebanyakan pebisnis lebih intens dan sering berkomunikasi dengan para konsumennya diwaktu yang krisis seperti saat sekarang ini. Kemudian mereka melihat data-data hasil campaign yang telah mereka lakukan sebelumnya, mereka mulai memilih segmentasi dan mengelompokannya mulai dari enggagment yang tertinggi hingga yang terrendah. Setelah itu, mereka memberikan treatment yang sesuai dengan segmentasi hasil dari data-data campaign yang sebelumnya.
  • Apa yang Anda tawarkan: Ketika Anda mengirim email blast marketing kepada konsumen bisnis Anda, Anda harus mengkategorikan email tersebut memiliki jenis penawaran apa untuk konseumen Anda. Apakah itu untuk diskon/potongan harga, service, hiburan, dan sebagainya. Serta jangan lupa untuk memberikan penawaran yang menarik agar konsumen Anda tetap setia dengan brand Anda.

 

Strategi Email Blast Untuk Meningkatkan Engagement

Sebelum Anda mulai mengirimkan email blast marketing, sangat penting untuk Anda menggunakan serta memilih strategi yang tepat, agar email blast yang Anda kirimkan tersebut menarik dan terorganisir dengan baik. Setiap email blast marekting membutuhkan konten yang kuat dan berkualitas, yang telah dibuat dan diperiksa kualitasnya sesuai dengan segmentais yang sudah ditentukan. Jadi setiap konsumen Anda akan mendaptkan email blast marketing dengan konten yang berbeda-beda sesuai dengan segmentasi yang mereka miliki.

Dibawah ini adalah 3 strategi untuk mengirimkan email blast marketing sesuai dengan segmentasi audiens Anda.

  • Newsletter: Email Newsletter adalah sebuah email yang menawarkan suatu konten kepada konsumen Anda, yang mana mereka sudah resmi berlangganan dengan email marketing bisnis Anda. Konten yang didapat konsumen ada berbagai macam jenisnys, seperti e-book gratis, informasi seputar update produk bisnis Anda, kupon promosi, dan lain sebagainya.
  • Drip Campaign: Dengan menggunakan email drip campaign, Anda dapat melakukan interaksi kepada konsumen Anda berdasarkan aktivitas mereka dalam website milik Anda. Seperti mengetahui produk apa yang terakhir kali mereka beli, atau produk yang sering mereka cari didalam website Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengirimkan email blast marketing kepada mereka yang berisikan produk-produk yang mereka sukai.
  • Seasonal campaignCampaign ini hanya bersifat musiman seperti namanya. Contoh dari campaign ini seperti Ramadhan & Idul Fitri, Chinesse New Year, Back to School, Holiday Season, New Year dan sebagainya yang sifatnya musiman dan tidak berlangsung secara terus menerus dalam waktu dekat.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Email Marketing di Tengah Pandemi

Email Blast Gratis - Pada awal tahun 2020, kita semua dikejutkan dengan penemuan kasus virus COVID-19 yang sampai saat ini masih menjangkit...