Kamis, 15 Oktober 2020

Tips Segmentasi Audiens Email Blast

Email Blast - Segmentasi audiens ini sangat berguna untuk mengirimkan konten yang lebih relevan dan sesuai kepada subscriber Anda sehingga mampu meningkatkan engagement mereka terhadap bisnis yang Anda jalani.

Terdapat banyak sekali jenis segmentasi yang dapat Anda pilih untuk menghasilkan informasi atau konten yang bermanfaat dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh subscriber anda. Selain itu, setiap segmentasi dapat digunakan untuk mencapai goal atau tujuan yang berbeda-beda.

Dibawah ini adalah beberapa macam segmentasi yang banyak digunakan oleh para digital marketer di Indonesia.


Email Blast Gratis
Email Blast


1. Demografis

Jika Anda menargetkan pemasaran pada kalangan berkelompok seperti pria dan wanita dengan umur yang berbeda, Anda dapat mengsegmentasikannya dengan cara mengelompokkan subscriber tersebut dalam bentuk kategori sesuai jenis kelamin dan umurnya agar terlihat lebih rapih.

Contohnya, Anda dapat melakukan segmentasi wanita, segmentasi pria, segmentasi rentang umur. Seperti Wanita dengan rentang umur 18-21 tahun.

Kegunaan dari segmentasi berdasarkan demografis ini adalah jika Anda memasarkan berbagai jenis produk yang berbeda-beda, segmentasi ini sangat membantu Anda dalam mengekelompokan audiens sesuai dengan kategori yang telah Anda tentukan sebelumnya.


Email Blast Gratis
Email Blast


2. Lokasi Geografis

Segmentasi berdasarkan geografis adalah mengkelompokan audiens berdasarkan lokasi geografis mereka tinggal.

Kegunaan dari segmentasi berdasarkan letak geografis ini adalah untuk mempromosikan informasi atau konten khusus terkait tempat atau lokasi bisnis, target market yang spesifik, serta dapat memberikan pengecualian untuk beberapa orang yang berada diluar letak geografis yang ditargetkan.

 

Email Blast Gratis
Email Blast

3. Target Market

Segmentasi audiens berdasarkan target market berfungsi untuk mengelompokkan subscriber berdasarkan tipe bisnis yang mereka jalankan.

Kegunaan dari segmentasi ini adalah menghindari Anda dalam mengirim email yang sama kepada audiens yang sama. Segmentasi berdasarkan market ini akan membantu Anda dalam menyusun konten yang berbeda pada setiap industri.

 

Email Blast Gratis
Email Blast

4. Aktifitas Email

Anda dapat memisahkan atau mengkelompokan para subscriber Anda berdasarkan tingkah laku atau aktifitas email mereka dalam email blast campaign.

Kegunaan dari segmentasi ini adalah memukinkan Anda untuk mempelajari tingkah laku dari para konsumen Anda dalam menyikapi email blast marketing dari Anda. Hal sangat bermanfaat guna untuk menemukan konten yang para subsciber Anda sukai sehingga Anda dapat mengirimkan email berikutnya dengan konten yang relevan untuk mereka.

 

Email Blast Gratis
Email Blast

5. Workflow Activity

Segmentasi aktivitas workflow sangat memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan para subscriber Anda lewat informasi workflow mereka.

Kegunaan dari segmentasi ini adalah untuk mengetahui siapa saja subscriber yang paling aktif atau konsumen yang berada pada stage tertentu dalam marketing funnel. Selain itu, segmentasi ini juga sangat membantu untuk pinpoint konsumen yang ditentukan sesuai dengan kriteria tersebut.

 

Proses dalam melakukan segmentasi audiens tidaklah sulit. Segmentasi dimulai ketika konsumen memasukkan informasi pada form yang telah disediakan. Langkah ini sangatlah penting untuk mengumpulkan informasi konsumen sebanyak dan sedetail mungkin, karena jika data yang diambil tidak tepat atau palsu, itu sama saja seperti kehilangan kesempatan emas.

Adanya segmentasi ini dapat membuat Anda semakin lebih dekat dan semakin lebih mengenal siapa konsumen Anda yang sebenarnya. Selain itu, Anda juga bisa menargetkan audience secara tepat, dan dapat meningkatkan ROI bisnis Anda.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Email Marketing di Tengah Pandemi

Email Blast Gratis - Pada awal tahun 2020, kita semua dikejutkan dengan penemuan kasus virus COVID-19 yang sampai saat ini masih menjangkit...