Selasa, 29 September 2020

Strategi Jitu Email Blast Untuk Bisnis Kecil

Email Marketing - Sebelum Anda menggunakan strategi email marketing dalam bisnis Anda, maka terlebih dahulu Anda harus memahami tujuan dari email marketing, yaitu mempermudah Anda dalam menjangkau konsumen, mempermudah Anda dalam menjaga komunikasi dengan konsumen, serta mempermudah Anda dalam membagikan informasi dengan cepat kepada semua konsumen Anda.

Selain itu, email blast marketing ini juga memiliki tujuan lain, seperti meningkatkan engagement dan ROI dalam bisnis. Tapi, yang perlu Anda ingat tentang email blast ini adalah, kepada siapa email itu Anda kirim. Anda harus benar-benar memiliki strategi yang baik agar hasil dari email blast yang Anda kirim dapat mencapai hasil yang maksimal.

 

email blast
email blast

1. Membuat Rencana Dengan Matang

Dalam membuat sebuah rencana, kita pastinya tidak akan mengetaui pasti bagaimana hasil akhir dari rencana yang kita buat. Tapi Anda bisa mulai dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini, untuk membuat rencana email blast marketing dengan matang:

  • Tujun Saya Mengirim Email Blast Marketing?
  • Kepada Siapa Saya Mengirim Email Tersebut?
  • Apa Manfaat Yang Didapat Konsumen Jika Menerima Email Dari Saya?
  • Apa Target Atau Goals Yang Ingin Dicapai Oleh Email Marketing Yang Saya Kirim?

Setelah Anda sudah menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut, sekarang waktunya untuk memetakan perjalanan yang akan dilakukan oleh calon konsumen maupun konsumen Anda.

Anda dapat menempatkan diri Anda sebagai konsumen, lalu Anda dapat memetakan perjalanan Anda mulai dari awal hingga sampai melakukan transaksi (konversi). Dengan cara tersebut, Anda dapat mengantisipasi setiap kebutuhan atau pertanyaan yang akan ditanyakan oleh konsumen Anda.

 

email blast
email blast

2. Segmentasikan Audiens Dengan Baik

Dalam mengumpulkan informasi seperti nama dan kontak itu adalah hal yang sangat wajib dilakukan untuk kebutuhan email blast marketing. Akan tetapi, hal yang paling penting ke 2 adalah, mengumpulkan informasi demografis tambahan seperti, umur, alamat, jenis kelamin, pekerjaan dan lain sebagainya.

Segmentasi audiens memungkinkan Anda untuk mengirim email dengan isi konten yang sesuai dan relevan dengan target audiens, dan berkemungkinan besar akan meningkatkan engagement pada bisnis Anda.

 

email blast
email blast

3. Pesan Yang Dipersonalisasikan

Setelah Anda sudah melakukan segmentasi audiens, lalu memisahkannya berdasarkan kelompok, maka saatnya Anda mulai membuat konten khusus untuk dibagikan ke kelompok tersebut. Contohnya, Anda dapat membuat launching produk berdasarkan wishlist mereka, atau membagikan konten sesuai daerah yang mereka tinggali.

Dengan begitu, para konsumen Anda akan merasa sangat diperhatikan. Karena Anda sudah membagikan informasi atau konten yang mereka butuhkan dan mereka sukai.

 

email blast
email blast

4. Otomatisasi Pengiriman Email

Jika Anda sudah membuat rencana yang matang, mengatur segmentasi dari audiens yang Anda tuju, dan juga sudah membuat konten yang pas dan sesuai dengan target audiens. Kini waktunya Anda untuk mengirimkan email tersebut ke semua target audiens yang Anda tuju dengan menggunakan platform Email Blast.

Platform email blast ini sangat memudahkan Anda untuk mengirimkan email kepada banyak orang dengan cepat dan mudah. Laporan atau report mengenai campaign email blast yang Anda buat, dapat Anda lihat dan juga diunduh untuk keperluan strategi campaign email blast yang berikutnya atau untuk membantu dalam mengambil keputusan yang mendadak/mendesak.

 

email blast
email blast

5. Mengukur Tingkat Keberhasilan Email Yang Dibuat

Cara terbaik untuk meningkatkan dan juga memperbaiki email marketing yang Anda buat adalah dengan cara melihat hasil laporan campaign email blast yang sudah dijalankan maupun yang sedang berjalan. Dari hasil laporan tersebut, tentunya akan memudahkan Anda dalam mengambil suatu keputusan dan juga memudahkan Anda dalam memperbaiki campaign email blast yang sedang berjalan.

Untuk mengetahui apakah campaign email blast yang sedang berjalan berhasil atau tidaknya, Anda dapat melihat perkembangan datanya lalu dicocokan dengan target yang ingin Anda capai. Apakah sudah memenuhi target atau belum.

Jika belum, Anda masih terus bisa melakukan percobaan dengan mengandalkan data-data dan hasil laporan campaign email blast yang sudah pernah dijalankan untuk terus memperbaiki kualitas campaign email blast yang Anda buat.

 

Kurang lebih seperti itulah strategi yang dapat diterapkan untuk bisnis kecil dalam menjalankan strategi email blast marketing. Perlu diketahui, dalam menjalankan strategi email blast marketing tidaklah mudah. Butuh waktu, rencana, dan juga strategi yang matang agar campaign email blast yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan juga dapat mencapai target yang diinginkan.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Email Marketing di Tengah Pandemi

Email Blast Gratis - Pada awal tahun 2020, kita semua dikejutkan dengan penemuan kasus virus COVID-19 yang sampai saat ini masih menjangkit...