Jumat, 09 Oktober 2020

Perbedaan Email Marketing dengan Email Automation

Email Marketing - Jika dilihat secara sekilas, email marketing dan email automation memang terlihat sama, karena keduanya sama-sama menggunakan email sebagai fungsi utama layanannya. Perbedaan yang paling utama dan mencolok dari keduanya terletak pada jenis email dan fungsi dari emailnya.

Bagi Anda yang baru mau menggunakan email sebagai strategi marketing, sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara email marketing dan email automation agar dapat menggunakan yang tepat untuk strategi marketing bisnis Anda. Walaupun keduanya layanan tersebut memiliki fungsi yang sama, tapi cara kerja dari kedua layanan tersebut sangat berbeda. Untuk itu, dibawah ini saya akan menjelaskan perbedaan tentang email marketing dan email automation.

 

email blast marketing
email blast marketing

Apa itu Email Blast Marketing?

Email blast marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang dapat Anda coba untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Email marketing ini memiliki kelebihan karena sifatnya yang bersifat personal. Anda dapat melakukan personalisasi pada email marketing sebelum mengirimkannya kepada list email konsumen Anda.

Personalisasi yang dimaksud disini seperti sapaan untuk pelanggan, misalnya Anda dapat memangil para konsumen Anda dengan nama mereka masing-masing, dan lain sebagainya. Karena sifatnya yang lebih personal, email blast marketing ini menjadi pilihan bagi para pebisnis untuk membantu mereka dalam mengirimkan email newsletter atau email campaign kepada para konsumen mereka. 

Untuk dapat menggunakan fitur email blast ini, Anda harus menggunakan platform tambahan yang menyediakan layanan email blast. Karena pada dasarnya, penyedia layanan email biasa tidak memiliki fitur email blast seperti ini.

Oleh karena itu, jika Anda mau menggunakan strategi email blast untuk kegiatan marketing bisnis Anda. Anda dapat menggunakan layanan platform email blast milik OCA Telkom yang sudah dipercaya ratusan pengusaha dan pebisnis dalam mengirimkan email blast kepada para konsumen mereka.

 

email automation
email automation

Apa itu Email Automation?

Email Automation adalah sebuah tools yang dapat digunakan untuk  mengotomatisasi proses marketing, mulai dari menentukan segmentasi konsumen, memanajemen campaign, dan masih banyak lagi hal lainnya yang dapat dilakukan oleh Email Automation ini.

Email automation memungkinkan Anda untuk dapat mengirimkan email berdasarkan skenario yang telah Anda buat. Saat menggunakan email automation, sebaiknya Anda sudah mengatur siapa segmentasi konsumen yang akan Anda tuju, lalu kemudian Anda juga harus menentukan goals atau tujuan dari email tersebut.

Bagi Anda yang baru mau mencoba mengaplikasikan email automation untuk kegiatan marketing pada bisnis Anda, sangat penting untuk memilih tools atau platform yang tepat agar semua tujuan campaign Anda dapat tercapai. Anda dapat menggunakan layanan email automation yang saat ini sudah ada banyak sekali bertebaran di Internet. Selain itu, kebanyakan penyedia layanan email automation ini akan memberikan berbagai fitur yang menarik, untuk mendukung kegiatan campaign Anda, seperti landing pageform API, dan masih banyak lagi yang lainnya tergantung dari penyedia platform atau layanan yang Anda pilih.

Baik email marketing atau email automation keduanya sama-sama penting dan sama-sama dapat digunakan untuk kegiatan marketing pada bisnis. Kedua layanan tersebut memiliki perannya masing-masing dalam membantu kegiatan digital marketing bisnis Anda.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Email Marketing di Tengah Pandemi

Email Blast Gratis - Pada awal tahun 2020, kita semua dikejutkan dengan penemuan kasus virus COVID-19 yang sampai saat ini masih menjangkit...