Selasa, 15 September 2020

Manfaat Email Marketing Untuk SEO

Email marketing
Email marketing

Email Marketing - Pada posting artikel kali ini saya akan membahas mengenai pengaruh email blast marketing terhadap SEO Website.


SEO On-page & Off-page

Sebelum masuk kedalam topik inti, ada baiknya jika kalian memahami dulu mengenai apa itu SEO Onpage & SEO Offpage.

Email marketing
Email marketing


SEO On-page

SEO Onpage adalah sebuah teknik untuk mengoptimasi website yang berhubungan dengan isi yang ada pada website tersebut. Contoh SEO Onpage:

  • Tata letak atau layouting website.
  • Kinerja atau kecepatan website dalam menampilkan data serta saat membuka halaman lain.
  • Isi konten dari website yang relevan dan berkualitas.
  • Kata kunci/keyword yang ditekankan atau difokuskan guna meraih hasil SERP yang tinggi.
  • Dan lain-lain.

 

Email marketing
Email marketing


SEO Off-page

SEO Offpage adalah sebuah teknik untuk mengoptimasi website yang dilakukan dari luar website tersebut. Contoh SEO Offpage:

  • Membuat konten yang menarik lalu dibagikan ke dalam website Anda.
  • Membangun inbound link internal yang bagus dan kuat.

Untuk dapat meningkatkan brand bisnis Anda pada SEO offpage ini, Anda dapat menggunakan bantuan sosial media untuk meningkatkan popularitas konten Anda dan mendapatkan lebih banyak backlink untuk website Anda.

Selain itu, Anda dapat memanfaatkan email marketing blast ini untuk meningkatkan SEO pada website Anda.

 

Pengaruh Email Marketing Untuk SEO

Secara teknis email marketing ini memang tidak akan langsung mempengaruhi SEO website Anda pada hari tersebut. SEO website memerlukan waktu dan juga proses, tidak mungkin juga Anda mengirim email marketing malam ini, lalu besok paginya website Anda muncul di peringkat pertama pada kolom pencarian google.

Akan tetapi, terdapat beberapa faktor pada email marketing yang dapat mempengaruhi rangking pada SEO website Anda:

·         Inbound link

Semakin banyak dan juga berkualitas link yang mengarah ke website Anda, maka akan semakin bagus juga hasil SEO yang akan Anda dapatkan nantinya. Inbound link ini merupakan salah satu faktor penting penentu ranking website menurut MOZ.

·         Promosi Konten

Anda dapat menggunakan email marketing ini sebagai alat untuk mempromosikan konten yang ada di website Anda dengan mudah.

Contohnya, Anda dapat mengirimkan newsletter kepada para subscriber Anda mengenai postingan konten terbaru yang ada di website Anda. Hal ini selain berguna untuk mempromosikan konten juga dapat meningkatkan traffik pengujung ke website Anda.

·         Membangun Reputasi Brand Anda

Email marketing sangat tepat digunakan untuk membangun reputasi brand bisnis Anda dan mempertahankan konsumen yang sudah ada. Hal ini memang tidak ada hubungannya dengan SEO website, akan tetapi hal ini akan berkaitan langsung dengan reputasi bisnis Anda sendiri.

Dengan memiliki reputasi bisnis serta web yang baik, tentunya jalan untuk mempopulerkan website Anda akan jadi lebih mudah. Website yang populer cenderung memiliki daya saing SEO yang tinggi. SEO yang dikelola dengan bagus, tentunya akan mendatangkan banyak manfaat.

 

Itulah beberapa manfaat email marketing untuk SEO website. Selain berguna untuk kebutuhan marketing, Email marketing ini juga memiliki manfaat untuk mendongkrak SEO website kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Email Marketing di Tengah Pandemi

Email Blast Gratis - Pada awal tahun 2020, kita semua dikejutkan dengan penemuan kasus virus COVID-19 yang sampai saat ini masih menjangkit...