Email blast atau email marketing merupakan salah satu strategi marketing yang saat ini banyak digunakan. Email blast ini sering digunakan karena memiliki beberapa kelebihan, seperti, biaya yang murah, target market dapat lebih terarah, hemat waktu dan lain sebagainya.
Email blast ini memang diakui sebagai salah satu strategi
marketing yang tingkat keberhasilanya cukup tinggi. Akan tetapi, tidak jarang juga ada campaign
email blast yang gagal karena berbagai macam hal.
Untuk itu, pada artikel ini saya akan membagikan strategi
jitu dalam membuat email blast yang menarik agar campaign email blast
yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Dibawah ini adalah
beberapa strategi jitu-nya:
1. Membuat
Konten Ucapan
Konten ucapan ini dapat diisi dengan berbagai kata-kata
ucapan seperti, ucapan selamat datang bagi konsumen yang baru bergabung, ucapan
selamat hari ulang tahun bagi konsumen yang sedang berulang tahun, dan lain
sebagainya.
Baiknya pada konten ucapan ini dituliskan dengan bahasa yang
kasual atau mudah dibaca untuk menghindari kesan promosi yang memaksa. Anda
juga dapat menyelipkan voucer ataupun kupon jika memang ingin melakukan
sedikit promosi.
2. Informasi
Mengenai Promo Yang Sedang Berjalan
Untuk mendapatkan perhatian dari konsumen atau calon
konsumen, Anda dapat mengirimkan email kepada mereka mengenai promo yang sedang
berjalan pada toko Anda. Cara ini dinilai sangat efektif untuk menjangkau
konsumen baru maupun lama.
Biasanya konsumen lebih suka atau sering berbelanja jika
terdapat promosi atau diskon. Akan tetapi, cara ini sangat tidak powerfull
jika bisnis Anda baru buka. Anda bisa menunggu sekiranya sampai Anda memiliki
konsumen yang cukup banyak untuk ditawari promo tersebut.
3. Gunakan
Gambar yang Menarik
Gunakan gambar yang menarik untuk menarik minat para
penerima email Anda. Anda dapat menggunakan gambar ilustrasi atau gambar yang
sekiranya menarik, relevan, dan juga tidak menyalahi aturan untuk menarik minat
orang-orang.
Buat kalimat menarik untuk meyakinkan para konsumen atau
calon konsumen Anda, serta jangan lupa tambahkan CTA. Dengan cara ini, maka
besar kemungkinan email Anda akan banyak dibuka, serta meningkatkan tingkat
keberhasilan email campaign Anda.
4. Kirimkan
Informasi Yang Bermanfaat
Email blast selain digunakan untuk melakukan promosi juga
dapat digunakan untuk mengirimkan informasi atau konten-konten yang bermanfaat
untuk para subscriber email marketing Anda. Anda dapat membagikan konten-konten
seputar manfaat produk/jasa Anda ataupun informasi penting lainnya. Cara ini
sangat berguna untuk mengedukasi para konsumen Anda, agar mereka bisa jadi
lebih mengenal produk atau jasa dari brand bisnis Anda.
5.
Berikan Penawaran Khusus atau Hadiah
Para konsumen atau calon konsumen tentunya sangat tertarik
dengan yang namanya penawaran atau hadiah, apalagi jika gratis. Untuk itu, Anda
dapat memanfaatkan email blast ini untuk membagikan informasi mengenai
penawaran yang ada pada toko atau bisnsi Anda, serta dapat membagikan hadiah
berupa voucer potongan harga atau e-book/konten premium secara gratis kepada
mereka.
Cara ini sangat efektif sekali untuk menarik minat konsumen
lama agar berbelanja produk Anda lagi, serta dapat menarik minat konsumen baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar