Email marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan email (surat elektronik) sebagai media pemasarannya. Email marketing ini akan dikirimkan kepada calon konsumen yang belum pernah membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan, serta mengirimkannya lagi kepada konsumen yang sudah menggunakan atau membeli produk tersebut.
Selain mengirimkan email berupa penawaran produk ke calon konsumen,
email blast ini juga sering digunakan untuk membangun hubungan yang baik
dengan para subscriber melalui email newsletter.
Dengan menggunakan email marketing, seorang pengusaha dapat
selalu terhubung dengan para konsumen dan calon konsumen mereka. Selain digunakan
untuk melakukan promosi atau menawarkan produk, email marketing ini juga dapat digunakan
untuk menjaga hubungan antara pebisnis dengan para konsumen mereka.
Manfaat
Email Marketing
- Bersifat
Personal
Email yang bersifat personal biasanya akan lebih menarik
perhatian penerima emailnya dibandingkan dengan email yang bersifat umum.
Saat calon konsumen sudah merasa nyaman ketika menerima
email dari kita, hal itu akan membuat kita menjadi lebih mudah dalam mengirimkan
email promosi kepada calon konsumen tersebut.
- Informasi
Lebih Cepat Diterima
Promosi atau menawarkan sesuatu menggunakan bantuan email
blast jauh lebih cepat disebarkan dibanding menggunakan media promosi
konvensional seperti brosur, spanduk, dll. Ditambah lagi, proses pembuatan
dan juga menyebarkan brosur/spanduk tersebut membutuhkan waktu yang tidak
sebentar dan hal itu sangat tidak efisien dan malah membuang-buang waktu.
Dengan menggunakan email marketing, kita dapat menjangkau para
konsumen yang kita tuju dalam waktu yang sangat cepat, sehingga hasil yang akan
kita dapat juga pasti lebih cepat.
- Biaya
Lebih Murah
Biaya dalam menggunakan email atau surat elektronik ini jauh
lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan surat konvensional. Tingkat
balasan emailnya pun biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan surat
konvensional, itulah alasan mengapa email marketing ini sangat
menguntungkan dan juga murah.
- Campaign
Dapat Terukur Dengan Mudah
Campaign yang dilakukan dengan menggunakan email
marketing dapat diukur atau dilacak dengan baik. Anda dapat melihat data
mengenai jumlah email yang sudah dikirim, open rate email yang Anda kirim,
serta berapa banyak yang membalas dan menyetujui penawaran yang Anda berikan.
Dengan begitu, Anda bisa melakukan analisa tentang campaign
yang Anda jalankan apakah sudah sesuai dengan target atau belum, jika belum
data dari hasil pengukuran tersebut dapat dijadikan sebagai acuan untuk membuat
campaign yang lebih baik lagi kedepannya.
- Membangun
Hubungan Baik dengan Konsumen
Seperti yang sudah dibahas diawal, email marketing ini
selain digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa, juga dapat digunakan untuk
membangun hubungan yang baik dengan para konsumen. Seperti membagikan informasi
yang bermanfaat seputar produk, membagikan konten yang menarik, dan lain
sebagainya.
Banyak sekali yang akan didapat jika Anda menggunakan
strategi email blast marketing ini untuk kegiatan marketing pada
bisnis Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar