Kamis, 10 September 2020

Pengertian Email Marketing

Email marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan email (surat elektronik) sebagai media pemasarannya. Email marketing ini akan dikirimkan kepada calon konsumen yang belum pernah membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan, serta mengirimkannya lagi kepada konsumen yang sudah menggunakan atau membeli produk tersebut.

Selain mengirimkan email berupa penawaran produk ke calon konsumen, email blast ini juga sering digunakan untuk membangun hubungan yang baik dengan para subscriber melalui email newsletter.

Dengan menggunakan email marketing, seorang pengusaha dapat selalu terhubung dengan para konsumen dan calon konsumen mereka. Selain digunakan untuk melakukan promosi atau menawarkan produk, email marketing ini juga dapat digunakan untuk menjaga hubungan antara pebisnis dengan para konsumen mereka.

 

Email marketing
Email marketing

Manfaat Email Marketing

  1. Bersifat Personal

Email yang bersifat personal biasanya akan lebih menarik perhatian penerima emailnya dibandingkan dengan email yang bersifat umum.

Saat calon konsumen sudah merasa nyaman ketika menerima email dari kita, hal itu akan membuat kita menjadi lebih mudah dalam mengirimkan email promosi kepada calon konsumen tersebut.

 

  1. Informasi Lebih Cepat Diterima

Promosi atau menawarkan sesuatu menggunakan bantuan email blast jauh lebih cepat disebarkan dibanding menggunakan media promosi konvensional seperti brosur, spanduk, dll. Ditambah lagi, proses pembuatan dan juga menyebarkan brosur/spanduk tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan hal itu sangat tidak efisien dan malah membuang-buang waktu.

Dengan menggunakan email marketing, kita dapat menjangkau para konsumen yang kita tuju dalam waktu yang sangat cepat, sehingga hasil yang akan kita dapat juga pasti lebih cepat.

 

  1. Biaya Lebih Murah

Biaya dalam menggunakan email atau surat elektronik ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan surat konvensional. Tingkat balasan emailnya pun biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan surat konvensional, itulah alasan mengapa email marketing ini sangat menguntungkan dan juga murah.

 

  1. Campaign Dapat Terukur Dengan Mudah

Campaign yang dilakukan dengan menggunakan email marketing dapat diukur atau dilacak dengan baik. Anda dapat melihat data mengenai jumlah email yang sudah dikirim, open rate email yang Anda kirim, serta berapa banyak yang membalas dan menyetujui penawaran yang Anda berikan.

Dengan begitu, Anda bisa melakukan analisa tentang campaign yang Anda jalankan apakah sudah sesuai dengan target atau belum, jika belum data dari hasil pengukuran tersebut dapat dijadikan sebagai acuan untuk membuat campaign yang lebih baik lagi kedepannya.

 

  1. Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen

Seperti yang sudah dibahas diawal, email marketing ini selain digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa, juga dapat digunakan untuk membangun hubungan yang baik dengan para konsumen. Seperti membagikan informasi yang bermanfaat seputar produk, membagikan konten yang menarik, dan lain sebagainya.

Banyak sekali yang akan didapat jika Anda menggunakan strategi email blast marketing ini untuk kegiatan marketing pada bisnis Anda.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Email Marketing di Tengah Pandemi

Email Blast Gratis - Pada awal tahun 2020, kita semua dikejutkan dengan penemuan kasus virus COVID-19 yang sampai saat ini masih menjangkit...