Rabu, 07 Oktober 2020

Cara Membuat dan Mengirim Invoice

Email Marketing - Penggunaan invoice untuk kegiatan transaksi adalah hal yang sangat penting. Hal itu karena, invoice adalah bagian dari branding bisnis. Maka dari pada itu, baik bisnis kecil maupun besar, invoice tetap harus diberikan kepada konsumen sebagai bukti jika konsumen tersebut sudah melakukan sebuah transaksi.


Email blast gratis
Email blast gratis


Secara umum, invoice adalah sebuah faktur atau daftar belanja yang berisikan deskripsi mengenai produk atau jasa, jumlah produk yang dibeli, dan biaya yang dikeluarkan. Invoice tersebut lah yang membuat Anda dan konsumen Anda memiliki bukti transaksi bisnis.

Akan tetapi, saat ini sudah mulai ada pebisnsi dan konsumen yang mulai mengabaikan fungsi dari invoice ini. Hal itu karena, mereka menganggap invoice itu hanya sekedar selembar kertas yang berisikan deskripsi dan angka. Padahal, invoice ini sangat penting untuk dimiliki oleh kedua belah pihak. Terutama jika dikemudian hari konsumen mendapatkan masalah dengan produk yang telah dibelinya, maka akan mudah untuk dilakukan pengecekan melalui invoice tersebut.

Agar Anda dapat memahami invoice lebih dalam lagi, pada artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat invoice yang baik untuk bisnis Anda.


Email blast gratis
Email blast gratis

Kenali Invoice dengan Baik

Invoice adalah “daftar belanja” yang sangat membantu transaksi antara pebisnis dengan konsumen agar menjadi lebih mudah dan cepat. Konsumen tentunya akan sangat senang karena dipermudah dalam melakukan pembayaran produk.

Lalu, apa saja hal-hal yang harus ada dalam sebuah invoice?

  • Tampilan invoice haruslah baik dan juga terlihat profesional
  • Informasi yang dimasukan kedalam invoice haruslah tepat dan akurat
  • Invoice harus dikirim tepat waktu

Tampilan Invoice

Dalam membuat sebuah invoice untuk transaksi, Anda harus memperhatikan design atau tampilan invoice-nya. Desain yang terlihat menarik dan juga profesional tentunya akan memberikan dampak untuk menaikan branding bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kata-kata yang ada di dalam invoice-nya. Apkaah didalam invoice tersebut terdapat kesalahan dalam penulisan, pilihan warna invoice, dan juga informasi penting yang ada didalam invoice tersebut.

Anda harus sangat memperhatikan hal ini. Karena invoice ini akan sangat berdampak buruk untuk brand bisnis Anda jika tidak dibuat dengan baik. Seperti yang sudah saya bilang diatas, jika invoice ini juga dapat digunakan untuk menaikan branding suatu bisnis.


Informasi Invoice

Kebanyakan konsumen pada umumnya sangat mengerti dan juga memahami fungsi dari invoice ini. Tapi tidak sedikit juga yang kurang memahami atau malah tidak memperdulikan fungsi dari invoice.

Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis haruslah membuat invoice yang memasukan informasi penting dan akurat seperti: nomor dan tanggal invoice dibuat, tanggal jatuh tempo, jumlah yang harus dibayar, dan metode pembayaran yang dipilih.

Ketika Anda berupaya memberikan informasi secara jelas maka pelanggan tidak merasa dibuat bingung tentang transaksi pembayaran.


Invoice Dikirim Tepat Waktu

Memberikan kualitas pelayanan yang terbaik merupakan kunci sukses utama dalam sebuah bisnis. Jika produk atau jasa yang dibeli oleh konsumen Anda sudah siap untuk dikirim atau diberikan, maka langsung segera buat invoice nya dan langsung Anda kirimkan atau berikan kepada konsumen tersebut. Anda harus menghindari keterlambatan dalam mengirim invoice agar konsumen dapat langsung segera melakukan pembayaran terhadap invoice tersebut.

Jika transaksi pembayaran dilakukan secara tepat waktu, maka transaksi tersebut dapat dikatakan berjalan dengan baik. Untuk lebih memudahkan dalam mengirim invoice agar tepat waktu dan menghindari keterlambatan, kini invoice dapat dikirim dengan cara online menggunakan platform Email Blast Gratis.

Saat ini sudah ada banyak sekali penyedia layanan platform email blast gratis mulai dari OCA Telkom, MailChimp, hingga Sendinblue. Dengan mengintegrasikan website atau bisnis Anda menggunakan platform email blast, Anda akan diberi kemudahan dalam mengirim invoice. Selain dapat digunakan untuk mengirimkan invoice secara online, Anda juga dapat menggunakan platform email blast gratis tersebut untuk kebutuhan marketing.

Kurang lebih seperti itulah penjelasan mengenai invoice, cara pembuatannya serta cara pengirimannya. Saat ini juga sudah ada banyak pebisnis yang mulai mengganti dari invoice manual (menggunakan kertas) menjadi invoice online (menggunakan platform email blast) untuk kebutuhan bisnis mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Email Marketing di Tengah Pandemi

Email Blast Gratis - Pada awal tahun 2020, kita semua dikejutkan dengan penemuan kasus virus COVID-19 yang sampai saat ini masih menjangkit...