Senin, 12 Oktober 2020

Tips Membuat Call to Action Efektif

Email Marketing - Setiap pebisnis pastinya memiliki tujuan atau goals yang berbeda-beda. Ada yang menyasar agar produk atau jasanya dapat digunakan untuk kalangan menengah ke bawah. Tapi, ada juga yang menyasar produk atau jasanya dapat digunakan untuk kalangan menengah ke atas. Biasanya para Marketers akan menggunakan strategi Call to Action guna mendorong minat target yang dituju untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan.

 

Email blast
Email blast

Apa itu call to action?

Call to action adalah sebuah kalimat yang dibuat dan bersifat persuasi untuk mengajak konsumen agar mau melakukan aksi yang dituju. Biasanya kalimat CTA ini berisi ajakan untuk membeli produk/jasa atau mengajak konsumen untuk melakukan registrasi.

Kebanyakan para pelaku bisnis biasanya mengimplementasikan strategi call to action ini pada saat melakukan promosi. Kebanyakan strategi CTA ini dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp Bisnis, Email Blast Gratis dan lain sebagainya.

Promosi atau kontent yang menggunakan call to action ini biasanya akan mendapatkan dampak yang positif. Diantaranya adalah dapat meraih banyak konsumen, meningkatkan engagement, dan dapat meningkatkan nilai penjualan pada bisnis.

Akan tetapi, tidak semua pebisnis dapat mengerti bagaimana caranya untuk membuat CTA yang baik dan menarik.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini penulis akan membagikan lima tips dalam membuat sebuah call to action yang efektif untuk bisnis kalian.

 

Email Blast
Email Blast

1. CTA Yang Memberikan Manfaat

Bisnis yang baik adalah bisnis yang terus tumbuh dan juga berkembangan seiring dengan berjalannya waktu. Akan tetapi, dalam berkembangnya sebuah bisnis pastinya akan ada masalah atau rintangan yang akan menghadang. Baik itu rintangan besar ataupun rintangan kecil yang harus dihadapi oleh para pemilik bisnis.

Untuk mengatasi segala macam rintangan dalam bisnis, diperlukan strategi yang tepat agar bisnis yang dijalankan dapat melewati rintangan tersebut. Salah satu strateginya adalah dengan menggunakan call to action. Dengan menggunakan CTA ini, Anda juga dapat memberikan manfaat kepada para konsumen Anda.

Contohnya , selain memberikan diskon atau potongan harga, Anda juga dapat memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik dari para kompetitor Anda. Misalnya, Anda dapat mengirimkan produk yang sudah dibeli konsumen tepat waktu, menggunakan sistem WhatsApp Bisnis Customer Service untuk keperluan pengaduan dan juga informasi terkaik dengan produk yang dijual, dan lain sebagainya.

 

Email Blast
Email Blast 

2. Mengelola Kata-Kata Dengan Baik

Mengelola kata-kata untuk keperluan marketing ataupun pembuatan konten adalah tugas seorang copywriter. Seorang copywriter bertugas untuk memiliha kata, mengolahnya, menyusunya hingga menjadi kalimat yang menarik untuk dibaca.

Keahlian copywriting sangat dibutuhkan dalam membuat call to action yang menarik. Dalam membuat kalimat untuk CTA, Anda harus membuat kata-kata yang singkat, padat, jelas dan mudah dimengerti oleh target konsumen yang Anda tuju.

Hindari menggunakan kalimat atau kata-kata yang bermakna ganda atau sulit dimengerti karena akan membuat konsumen Anda enggan untuk membaca promosi yang Anda berikan kepada mereka.

 

3. Menepati Call to Action Yang Dibuat

Saat ini, seringkali kita menemui konten atau CTA yang berisikan ajakan untuk membeli atau menggunakan suatu produk/jasa. Akan tetapi, kalimat yang dibuat biasanya menggunakan kata-kata yang alakadarnya saja. Sehingga membuat konsumen menjadi malas untuk melakukan transaksi pembelian.

Hal yang perlu diketahui adalah pelanggan lebih ingin menuntaskan rasa penasaran ketika mengimplementasikan call to action dari Anda. Jangan sampai pelanggan merasa tertipu. Maksudnya adalah seperti ini, tapi yang didapatkan justru hal lain.

 

4. Membuat Internal Link

Membuat dan menetapkan internal link didalam konten untuk promosi sangat penting. Jika Anda menggunakan media blog untuk kegiatan promosi, jangan lupa untuk mencantumkan internal link.

Akan tetapi saat ini banyak sekali terjadi ketidaksesuaian antara internal link dengan isi tulisan atau topik yang sedang dibahas didalam blog. Hal ini tentunya akan membuat konsumen bingung dengan konten yang Anda promosikan.

Hal ini memang terlihat kecil dan terkesan tidak terlalu penting, akan tetapi hal yang penting ini tentunya dapat membuat konsumen Anda dapat pindah dan beralih ke bisnis milik kompetitor Anda.

 

5. Pemilihan Warna

Kebanyakan dari kalian pastinya akan bertanya, apakah pemilihan warna sangat penting dalam membuat call to action. Pemilihan warna dalam membuat CTA tentu saja sangat penting.

Pilihlah warna yang menarik untuk dijadikan CTA. Kalian dapat mempelajari waran apa saja yang sangat mencolok untuk mata manusia.

Call to action adalah strategi yang baik untuk diimplementasikan dengan penggunaan Email Blast Gratis. Konsumen akan dipersuasi dengna kata-kata yang ada pada CTA, yang pada akhirnya konsumen tersebut akan dibimbing untuk melakukan transaksi.

Jika kalian sudah memahami tentang cara membuat CTA yang menarik untuk kegiatan bisnis, kini saat nya untuk kalian mempraktikannya sendiri. Cobalah untuk membuat CTA kalian sendiri. kalian dapat membuat CTA untuk konten blog kalian, lalu jika dirasa sudah mulai mahir barulah kalian dapat mencobanya untuk diterapkan didalam strategi Email blast gratis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Email Marketing di Tengah Pandemi

Email Blast Gratis - Pada awal tahun 2020, kita semua dikejutkan dengan penemuan kasus virus COVID-19 yang sampai saat ini masih menjangkit...