Email Marketing - Setiap pebisnis pastinya memiliki tujuan atau goals yang berbeda-beda. Ada yang menyasar agar produk atau jasanya dapat digunakan untuk kalangan menengah ke bawah. Tapi, ada juga yang menyasar produk atau jasanya dapat digunakan untuk kalangan menengah ke atas. Biasanya para Marketers akan menggunakan strategi Call to Action guna mendorong minat target yang dituju untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan.
Apa itu call to action?
Call to action adalah sebuah kalimat yang dibuat
dan bersifat persuasi untuk mengajak konsumen agar mau melakukan aksi yang
dituju. Biasanya kalimat CTA ini berisi ajakan untuk membeli produk/jasa atau
mengajak konsumen untuk melakukan registrasi.
Kebanyakan para pelaku bisnis biasanya mengimplementasikan
strategi call to action ini pada saat melakukan promosi. Kebanyakan
strategi CTA ini dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti Facebook,
Instagram, WhatsApp Bisnis, Email Blast Gratis dan lain sebagainya.
Promosi atau kontent yang menggunakan call to action ini
biasanya akan mendapatkan dampak yang positif. Diantaranya adalah dapat meraih
banyak konsumen, meningkatkan engagement, dan dapat meningkatkan
nilai penjualan pada bisnis.
Akan tetapi, tidak semua pebisnis dapat mengerti bagaimana
caranya untuk membuat CTA yang baik dan menarik.
Oleh karena itu, pada artikel kali ini penulis akan
membagikan lima tips dalam membuat sebuah call to action yang
efektif untuk bisnis kalian.
1. CTA Yang Memberikan Manfaat
Bisnis yang baik adalah bisnis yang terus tumbuh dan juga
berkembangan seiring dengan berjalannya waktu. Akan tetapi, dalam berkembangnya
sebuah bisnis pastinya akan ada masalah atau rintangan yang akan menghadang. Baik
itu rintangan besar ataupun rintangan kecil yang harus dihadapi oleh para
pemilik bisnis.
Untuk mengatasi segala macam rintangan dalam bisnis, diperlukan
strategi yang tepat agar bisnis yang dijalankan dapat melewati rintangan
tersebut. Salah satu strateginya adalah dengan menggunakan call to
action. Dengan menggunakan CTA ini, Anda juga dapat memberikan manfaat kepada
para konsumen Anda.
Contohnya , selain memberikan diskon atau potongan harga, Anda
juga dapat memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik dari para kompetitor
Anda. Misalnya, Anda dapat mengirimkan produk yang sudah dibeli konsumen tepat
waktu, menggunakan sistem WhatsApp Bisnis Customer Service untuk keperluan
pengaduan dan juga informasi terkaik dengan produk yang dijual, dan lain
sebagainya.
2. Mengelola Kata-Kata Dengan Baik
Mengelola kata-kata untuk keperluan marketing ataupun
pembuatan konten adalah tugas seorang copywriter. Seorang copywriter
bertugas untuk memiliha kata, mengolahnya, menyusunya hingga menjadi kalimat
yang menarik untuk dibaca.
Keahlian copywriting sangat dibutuhkan dalam
membuat call to action yang menarik. Dalam membuat kalimat untuk CTA,
Anda harus membuat kata-kata yang singkat, padat, jelas dan mudah dimengerti oleh
target konsumen yang Anda tuju.
Hindari menggunakan kalimat atau kata-kata yang bermakna
ganda atau sulit dimengerti karena akan membuat konsumen Anda enggan untuk membaca
promosi yang Anda berikan kepada mereka.
3. Menepati Call to Action Yang Dibuat
Saat ini, seringkali kita menemui konten atau CTA yang
berisikan ajakan untuk membeli atau menggunakan suatu produk/jasa. Akan tetapi,
kalimat yang dibuat biasanya menggunakan kata-kata yang alakadarnya saja.
Sehingga membuat konsumen menjadi malas untuk melakukan transaksi pembelian.
Hal yang perlu diketahui adalah pelanggan lebih ingin
menuntaskan rasa penasaran ketika mengimplementasikan call to action dari
Anda. Jangan sampai pelanggan merasa tertipu. Maksudnya adalah seperti ini,
tapi yang didapatkan justru hal lain.
4. Membuat Internal Link
Membuat dan menetapkan internal link didalam konten untuk
promosi sangat penting. Jika Anda menggunakan media blog untuk kegiatan
promosi, jangan lupa untuk mencantumkan internal link.
Akan tetapi saat ini banyak sekali terjadi ketidaksesuaian
antara internal link dengan isi tulisan atau topik yang sedang
dibahas didalam blog. Hal ini tentunya akan membuat konsumen bingung dengan
konten yang Anda promosikan.
Hal ini memang terlihat kecil dan terkesan tidak terlalu
penting, akan tetapi hal yang penting ini tentunya dapat membuat konsumen Anda
dapat pindah dan beralih ke bisnis milik kompetitor Anda.
5. Pemilihan Warna
Kebanyakan dari kalian pastinya akan bertanya, apakah pemilihan
warna sangat penting dalam membuat call to action. Pemilihan warna dalam
membuat CTA tentu saja sangat penting.
Pilihlah warna yang menarik untuk dijadikan CTA. Kalian
dapat mempelajari waran apa saja yang sangat mencolok untuk mata manusia.
Call to action adalah strategi yang baik untuk
diimplementasikan dengan penggunaan Email Blast Gratis. Konsumen akan
dipersuasi dengna kata-kata yang ada pada CTA, yang pada akhirnya konsumen
tersebut akan dibimbing untuk melakukan transaksi.
Jika kalian sudah memahami tentang cara membuat CTA yang
menarik untuk kegiatan bisnis, kini saat nya untuk kalian mempraktikannya
sendiri. Cobalah untuk membuat CTA kalian sendiri. kalian dapat membuat CTA
untuk konten blog kalian, lalu jika dirasa sudah mulai mahir barulah kalian
dapat mencobanya untuk diterapkan didalam strategi Email blast gratis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar